Perpustakaan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pendidikan Akhlak Remaja Melalui Latihan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate di Desa Tengeng Wetan Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan

SKRIPSI PAI

Pendidikan Akhlak Remaja Melalui Latihan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate di Desa Tengeng Wetan Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan

Muhammad Khaerul Munib (2021111016) - Nama Orang; Dr. H. Imam Suraji, M. Ag - Nama Orang;

vii
ABSTRAK
Khaerul Munib, Muhammad, 2015. Pendidikan Akhlak Remaja Melalui Latihan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate di Desa Tengeng Wetan Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan. Skripsi Jurusan Tarbiyah Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Dr. H. Imam Suraji, M. Ag. Kata Kunci: Akhlak, Remaja dan Pencak Silat.
Akhlak merupakan pondasi seseorang dalam berperilaku sehari-hari, arus globalisasi yang begitu deras masuk ke Indonesia menyebabkan remaja mulai mengalami degradasi akhlak. Diantara ciri remaja yaitu mereka mengalami gejolak emosi yang tidak stabil. Dan jadilah persoalan pendidikan akhlak bagi remaja membutuhkan kegiatan alternatif tertentu untuk menarik remaja supaya mau mempelajari nilai-nilai pendididikan akhlak, diantaranya yaitu melalui jalur seni budaya Pencak Silat, sehingga mereka mendapatkan penekanan pada persoalan akhlak. Padepokan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate adalah salah satu tempat latihan yang mayoritas pesertanya adalah remaja. Dalam latihan ini selain diberikan materi fisik juga diberikan materi kerohanian. Hal ini bertujuan sebagai pemberian materi akhlak secara intensif bagi remaja.
Adapun rumusan masalah pada skripi ini adalah: Apa tujuan latihan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate di Desa Tengeng Wetan, apa materi pendidikan akhlak dalam latihan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate di Desa Tengeng Wetan, dan bagaimana metode pendidikan akhlak dalam latihan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate di Desa Tengeng Wetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan latihan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate di Desa Tengeng Wetan, untuk mengetahui materi pendidikan akhlak dalam latihan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate Desa Tengeng Wetan, dan untuk mengetahui metode pendidikan akhlak dalam latihan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate di Desa Tengeng Wetan.
Desain penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif adapun jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Tekhnik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan metode observasi untuk mengamati proses latihan Pencak Silat para remaja, metode interview adalah tanya jawab secara lisan antara peneliti dengan pihak-pihak yang dapat dimintai keterangan, dan metode dokumentasi untuk memperoleh data dari dokumen-dokumen maupun arsip serta catatan penting yang mendukung penelitian.
Dari hasil penelitian peneliti dapat menyimpulkan bahwa tujuan latihan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate secara operasional adalah mengajarkan ilmu beladiri pencak silat sebagai pelestarian budaya bangsa. Sementara tujuan yang tersirat adalah mendidik akhlak remaja dengan ajaran-ajaran budi pekerti luhur yang terkandung dalam Pencak Silat. Materi yang terdapat dalam latihan Pencak Silat yaitu materi fisik dan kerohanian (non fisik), materi fisik berupa sekumpulan gerakan untuk membentuk kekuatan tubuh dan ketangkasan beladiri peserta, sementara mteri kerohanian adalah bentuk pendidikan akhlak bagi peserta melalui ajaran-ajaran luhur dalam Pencak Silat. Metode yang digunakan dalam mendidik akhlak peserta adalah metode ceramah, cerita,
viii
keteladanan, perintah dan larangan, sedangkan metode demonstrasi digunakan untuk peragaan materi fisik.


Ketersediaan
17SK1721001.00SK PAI 17.001 MUN pMy Library (Lantai 3 Skripsi)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SK PAI 17.001 MUN p
Penerbit
Pekalongan : Prodi S-1 Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan., 2015
Deskripsi Fisik
xi, 81 hlm.; 21X30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X5.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan Akhlak
Info Detail Spesifik
Bibliografi : 82 - 84 hlm
Pernyataan Tanggungjawab
Muhammad Khaerul Munib
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • BAB I
  • BAB V
  • Daftar Pustaka
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

Perpustakaan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2023 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik